10 Jenis Layanan Firma Hukum 

Jenis Layanan Firma Hukum – Semua warga negara Indonesia memiliki kedudukan yang sama di mata umum. Akan tetapi, tidak semua orang mengerti tentang aspek hukum. Dari situlah firma hukum hadir untuk membantu menyelesaikan permasalahan hukum individu atau institusi.

Semua orang dapat memanfaatkan jasa layanan yang ada di firma hukum. Ada berbagai layanan hukum yang ditawarkan law firm. Mulai dari litigasi dan nonlitigasi, pendampingan hukum, hukum ketenagakerjaan, hukum perusahaan dan komersial, dan lain-lain.

Masih banyak lagi jenis layanan firma hukum. Untuk lebih tahu selengkapnya, simak di bawah ini. 

Baca Juga: Arti Firma Hukum atau Law Firm 

Berbagai Jenis Layanan Firma Hukum atau Law Firm 

Ada banyak jenis layanan firma hukum yang perlu masyarakat ketahui. Berikut ini adalah berbagai jenis layanan firma hukum di Jakarta Silaban & Hartono Law Firm, yakni:

1. Hukum Perusahaan dan Komersial

Hukum perusahaan dan komersial adalah aspek hukum yang meliputi bentuk usaha dan kegiatan usaha. Ini mencakup dalam pengoperasian perusahaan, likuidasi, perjanjian pemegang saham, dan lain-lain. 

Dalam hal ini, firma hukum dapat membantu pelaku usaha untuk mendirikan bentuk usaha, mendampingi untuk menyelesaikan kontrak, mengumpulkan dokumen penting, memberikan saran hukum pada perusahaan, dan lain sebagainya. 

2. Hukum Ketenagakerjaan

Firma hukum juga menyediakan layanan hukum ketenagakerjaan yang mencakup berbagai aturan yang mengatur hubungan pekerja dan perusahaannya. Dengan begitu, setiap pihak akan mengetahui hak dan kewajibannya masing-masing.

Advokat dan pengacara yang ada di firma hukum akan membantu perusahaan untuk membuat regulasi perusahaan yang sejalan dengan aturan perundang-undangan ketenagakerjaan di Indonesia. 

3. Hukum Perbankan dan Keuangan

Tahukah Anda bahwa hal perbankan dan keuangan memiliki hubungan erat dengan hukum? Aktivitas yang masyarakat tahu seperti perjanjian kredit antara kreditur dan debitur dilindungi oleh hukum. Bank dan nasabahnya tersebut tentu membutuhkan perlindungan hak masing-masing.

Lebih lanjut, pengacara perbankan dari firma hukum dan keuangan dapat membantu menyelesaikan kejahatan-kejahatan di bidang bank. Ketika ada nasabah yang nakal, pengacara dapat menangani kasus tersebut di pengadilan.

Tidak jarang juga, bank akan meminta pendapat hukum dari pengacara untuk mengambil langkah kebijakan hukum. Sehingga, kebijakan yang diambil tetap menaati regulasi yang ada.     

4. Proyek Infrastruktur

Pengacara proyek infrastruktur memiliki peranan yang penting dalam mengawal proyek yang sedang atau akan dijalankan. Karena, banyak yang perlu disiapkan dari aspek hukum dalam sebuah proyek

Pengacara akan mendampingi klien untuk menyelesaikan proses perencanaan, negosiasi, kontrak, skema pembiayaan, pengadaan, hingga penyelesaian proyek konstruksi infrastruktur. Semua dilakukan agar proyek dapat berjalan dengan lancar dan menaati aturan yang ada. 

5. Hukum Properti

Sengketa properti atau tanah kian marak di Indonesia. Ini menjadi kendala bagi individu atau pelaku bisnis dalam mengelola properti. Oleh sebab itulah pengacara hukum properti hadir untuk menangani sengketa di bidang properti. 

Pengacara dari firma hukum akan membantu klien untuk memahami masalah sengketa properti dan akan mendampingi klien dalam membuat kontrak jual beli properti dari awal hingga akhir. Dan apabila terjadi penipuan, pengacara akan melakukan penyelidikan bersama dengan pihak berwajib agar kasus dapat diselesaikan.

6. Pelatihan Hukum

Firma hukum menyediakan layanan pelatihan hukum untuk individu, badan usaha, hingga kantor pemerintahan, dan lain-lain untuk memahami aspek hukum. Klien nantinya akan memiliki pengetahuan dalam undang-undang, sistem hukum, perlindungan hukum dan lainnya.

Program pelatihan hukum akan dikemas dengan efektif dan mudah dimengerti oleh orang awam. Manfaat mengikuti program ini adalah untuk memudahkan peserta beradaptasi dengan regulasi hukum terbaru serta meningkatkan efektivitas bekerja. 

7. Litigasi Perdata & Pidana

LItigasi adalah penyelesaian sengketa melalui pengadilan. Pada aspek perdata atau hukum antar-perorangan, pengacara dari firma hukum akan mendampingi klien untuk memahami permasalahan terjadi dan mencarikan jalan keluarnya. 

Permasalahan perdata bisa berupa perceraian, perebutan hak asuh anak, warisan, pembuatan akta kematian, pengesahan pendewasaan anak dan lainnya. Pendampingan dari firma hukum akan membantu klien untuk mengetahui arah penyelesaian masalah, karena pengadilan hijau bisa menjadi momok menakutkan bagi orang awam. 

Sementara itu, litigasi pidana terjadi ketika kasus sengketa dibawa ke pengadilan. Di sini pihak-pihak yang bersengketa akan menjalani proses persidangan. Pengacara dan advokat dari firma hukum akan bertindak untuk mewakili kepentingan hukum klien.

8. Non-Litigasi 

Apabila litigasi adalah penyelesaian masalah di pengadilan, maka non-litigasi berarti penyelesaian masalah di luar meja hijau. Penyelesaian sengketa non litigasi bisa dilakukan dengan pemberian pendapat hukum (legal opinion), arbitrase, mediasi, negosiasi dan konsiliasi.

Alternatif penyelesaian sengketa ini tentunya akan memudahkan pihak-pihak yang bersengketa agar damai dan mencapai keputusan bersama. Penyelesaian secara non-litigasi dinilai lebih privat dan terjaga kerahasiaannya.

9. Auditor Hukum

Di dalam sebuah law firm, kemungkinan memiliki seorang auditor hukum yang bertugas untuk memeriksa aspek hukum yang berkaitan dengan transaksi, harta kekayaan, perbuatan hukum dan lain-lain.

Setiap auditor hukum harus menyandang gelar CLA atau Certified Legal Auditor yang didapatkan dari Lembaga Sertifikasi Profesi Auditor Hukum Indonesia (LSPAHI). Sertifikat auditor tersebut perlu diperbaharui setiap 3 tahun sekali. 

10. Konsultasi Hukum

Konsultasi hukum adalah layanan terbaik dari firma hukum. Orang awam yang berkonsultasi dengan firma hukum akan mendapatkan bimbingan hukum yang berisikan informasi akurat. Di Silaban & Hartono Law Firm sendiri memiliki layanan konsultasi gratis yang bisa digunakan melalui chat Whatsapp ataupun e-mail. 

Baca Juga: Berbagai Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Jasa Firma Hukum

Itulah berbagai jasa layanan firma hukum yang bisa dimanfaatkan masyarakat umum. Jangan ragu untuk meminta pendapat dari pengacara atau advokat hukum agar kebutuhan dan masalah hukum dapat terselesaikan.

Bagi Anda yang sedang mencari jasa layanan di atas, Anda dapat menghubungi pengacara dari Silaban & Hartono Law Firm sekarang juga. Silaban & Hartono Law Firm adalah kantor advokat Jakarta memiliki praktisi hukum yang berpengalaman dan profesional di bidangnya. 

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *